POHON AMAL SEBAGAI SUPPORT SISTEM SKH

 


POHON AMAL SEBAGAI SUPPORT SISTEM SKH

Banyak yang bertanya, Sekolah Kehidupan (SKH)  ini sistemnya bagaimana kok bisa gratis. Padahal pelatihan spiritual seperti ini bisa jadi di bandrol dengan harga yang bombastis.

Sekolah Kehidupan merupakan platform dakwah yang menyasar masyarakat umum. Seperti sebuah oase, Sekolah Kehidupan hadir membasuh jiwa-jiwa yang meranggas, merana dan gelisah.

Sekolah Kehidupan digerakkan dengan semangat kerelawanan para pelaku yang terlibat. Tidak ada yang menerima upah dalam penyelenggaraan kegiatan. Baik itu penyampai materi, fasilitator, panitia maupun pihak-pihak yang terlibat. 

Semua free sebagai implementasi 7IPH itu sendiri. Lantas bagaimana operasional penyelenggaraan kegiatan. Mengingat kegiatan dilakukan secara fullday. Peserta juga dilayani sepenuh hati, dari tempat yang nyaman, akomodasi dan konsumsi juga disediakan free. 

Pohon Amal adalah pilar penopang kegiatan. Yes, di SKH pohon amal menjadi roda penggeraknya. Hal ini sebagaimana di Majelis Ridho Allah sebagai muaranya. Siapapun bisa berkontribusi melalui pohon amal.

Para alumni SKH dimanapun berkontribusi besar terhadap keberlangsungan dakwah ini. Mereka berlomba-lomba dalam kebaikan ( Fastabiqul Khairat) melalui mekanisme pohon amal.

Para alumni menyadari ilmu yang telah mereka terima menggugah jiwa untuk mendekat kepada pemilikNya. Maka mereka pun menginginkan banyak orang menerima manfaat dari ilmu ini. 

Maka mereka dengan ringan hati dan riang gembira bergotong royong. Baik dalam penyediaan akomodasi maupun biaya penyelenggaraan kegiatan disengkuyung bareng. Bukan dengan sistem gebyah uyah atau sama rata. Namun berdasarkan kemampuan masing-masing untuk berkontribusi. 

Pohon amal juga bukan monopoli kewilayahan. Alumni SKH dimanapun bisa berkontribusi untuk penyelenggaraan kelas SKH di wilayah lain. Termasuk mendukung kegiatan alumni lainnya seperti Warung Ikhlas (WI).

Ketika ada penyelenggaraan kelas SKH biasanya akan ada informasi untuk berkontribusi. Sesuai kadar masing-masing. Semua semata-mata untuk melatih jiwa yang ikhlas dan ridho Allah SWT.

Karena mekanisme seperti ini amal akan tumbuh selayaknya pohon. Dari bibit kemudian membesar, menjadi pohon yang rindang serta berbuah yang lezat. Semua akan menerima manfaat dalam kebaikan.

Pohon amal adalah support sistem SKH untuk menumbuhkan mukmin yang bermanfaat. SKH menjadi tempat menyampaikan kalimat yang baik (firman Allah). Format dakwah yang menyasar pada peningkatan kualitas manusia menuju pribadi yang Ihsan.

Kita bisa mengambil spirit ini dari QS. Ibrahim ayat 24-25 " Tidakkah kamu perhatikan bagaimana Allah telah membuat perumpamaan kalimat yang baik seperti pohon yang baik, akarnya teguh dan cabangnya (menjulang) ke langit, pohon itu memberikan buahnya pada setiap musim dengan seizin Tuhannya. Allah membuat perumpamaan-perumpamaan itu untuk manusia supaya mereka selalu ingat".


Wallahu A'lamu Bish-Showab

Desa Menari, 10 Oktober 2023

Kang Tris DM

Murid Sekolah Kehidupan

Posting Komentar untuk "POHON AMAL SEBAGAI SUPPORT SISTEM SKH"