TUJUAN OUTBOUND NDESO DI DESA MENARI

 


TUJUAN OUTBOUND NDESO DI DESA MENARI

Tujuan outbound itu sangat beragam menyesuaikan subyek dan obyeknya. Pada lingkungan pendidikan tentu beda tujuannya pada lingkup dunia industri. Begitupula untuk sasaran komunitas masyarakat maupun keluarga.

Secara umum, tujuan utama outbound adalah melatih para peserta untuk mampu menyesuaikan diri terhadap perubahan. Selain itu juga untuk membentuk sikap profesionalisme yang di dasarkan pada perubahan dan perkembangan individu (As'adi Muhammad, 2009).

Outbound ndeso secara umum memiliki tujuan seperti pada umumnya outbound, meski dalam skala mikro. Namun secara khusus, outbound ndeso di Desa Menari menetapkan tujuan sebagai berikut;

1. Sebagai upaya pemberdayaan masyarakat berbasis potensi lokal.

2. Mengenalkan dolanan Nusantara sebagai instrumen pembelajaran dalam outbound ndeso.

3. Menjadikan profesi masyarakat sebagai bagian materi pembelajaran dalam kegiatan yang menyenangkan.

4. Mengenalkan kekhasan budaya lokal seperti tarian dan gamelan sebagai bagian materi outbound ndeso.

5. Melatih sikap empati dan toleransi antara peserta dengan masyarakat desa.

6. Melatih pentingnya kreativitas dalam mengelola potensi lokal sebagai jembatan pembelajaran.

7. Melatih komunikasi yang baik antara peserta dan masyarakat.

8. Menumbuhkan karakter baik. Dimana masyarakat sebagai pemandu belajar pentinya menjadi tuan rumah yang baik. Para peserta juga belajar menghargai dengan kesederhanaan dan keterbatasan berbagai hal di desa.

9. Memetik hikmah pembelajaran dari potensi lokal yang dikemas dalam rangkaian outbound ndeso. Kemudian mengkorelasikan dalam kehidupan keseharian.

10. Mengejawantahkan konsep setiap orang adalah guru, setiap tempat adalah ruang belajar dan setiap hal adalah sarana pembelajaran dalam aksi nyata.

11. Menemukan sisi rekreasi yang berbeda dari hal-hal sederhana yang disajikan.

12. Pembelajaran tentang hubungan mutualisme. Dimana orang saling membutuhkan satu sama lain. Termasuk saling keterkaitan desa (sebagai tempat belajar) dengan kota (dimana sebagian besar peserta berasal).


Desa Menari, 26 Juli 2023

Kang Tris DM

Pegiat Desa Menari

Posting Komentar untuk "TUJUAN OUTBOUND NDESO DI DESA MENARI"