MANFAAT OUTBOUND NDESO DESA MENARI

 


MANFAAT OUTBOUND NDESO DESA MENARI

Ketika berbicara manfaat dari outbound sangat berkaitan dengan tujuan yang ingin dicapai. Maka mengenali tujuan dari sebuah aktivitas itu penting. Karena itu sebagai acuan kemana sesuatu akan berjalan. Termasuk manfaat yang akhirnya bisa dirasakan.

Maka ketika kita berbicara outbound ndeso harus menarik benang merah dari tujuannya. Adapun manfaat yang bisa diperoleh adalah:

1. Masyarakat bisa lebih dinamis, tidak sebatas pada aktivitas rutin harian. Mereka bisa menjadikan berbagai potensi lokal menjadi sarana untuk desanya menjadi lebih hidup, berdaya dan menggembirakan.

2. Masyarakat bisa lebih menggali lagi dolanan Nusantara. Bernostalgia dengan masa lalu. Kemudian saling berbagi kegembiraan dan saling belajar dengan para pengunjung yang mengikuti kegiatan outbound ndeso.

3. Masyarakat akan memiliki kecintaan lebih terhadap profesinya. Sebagai petani dan peternak, selama ini hanya sebatas menjalankan kegiatan harian. Namun, ternyata apa yang mereka geluti bisa menjadi sarana pembelajaran bagi orang lain.

4. Masyarakat lebih mencintai budaya lokal. Dengan seringnya mereka berbagi dengan para pengunjung outbound ndeso. Secara tidak langsung akan semakin meningkatkan kecintaan mereka pada kebudayaan lokal.

5. Terjadi hubungan yang baik antara masyarakat desa dengan para pengunjung outbound ndeso. Sikap toleran dan empati muncul karena proses interaksi langsung. Saling menghargai perbedaan untuk kemudian saling mengisi.

6. Masyarakat sebagai fasilitator outbound ndeso akan semakin kreatif melihat potensi lokal dari sudut pandang berbeda. Mereka harus belajar komunikasi, manajemen waktu. Secara otomatis ini akan meningkatkan kepercayaan diri masyarakat.

7. Proses pendidikan karakter yang tumbuh dari kegiatan outbound ndeso. Sikap saling menghargai atas keterbatasan yang ada. Sekaligus mengapresiasi atas potensi unggul masing-masing.

8. Menyerap pembelajaran dari hal-hal sederhana sebagai instrumen pembelajaran. Pengunjung bisa belajar dari aktivitas orang desa. Para penduduk juga belajar dari para tamu yang berkegiatan. Karena kehidupan sewajarnya adalah proses saling belajar. Tidak ada kamus paling, tapi saling. 

9. Belajar sambil menggali kearifan lokal. Mengulik kembali sisi batiniah kita yang selama ini banyak terdikte oleh sarana. Menjadi proses, bahwa healing dan pemaknaan hidup bisa diperoleh melalui kegiatan sederhana yang saling mengisi.

10. Memperoleh keutuhan konsep saling membutuhkan yang selama ini semakin berjarak. Desa dengan kota. Orang desa yang identik dengan pekerjaan lapangan berbalut alam. Berinteraksi dan bersinergi dengan para korporasi maupun kaum berdasi. Akhirnya saling menyadari, bahwa semua saling terhubung dan mendukung.

11. Memperoleh pembelajaran selayaknya outbound pada umumnya, namun dengan instrumen berbeda. Kemasan juga disajikan dengan sederhana.Tetap dirancang untuk bisa berbagi makna.

12. Mendukung upaya desa berdaulat. Dimana desa bisa kembali menjadi poros kegiatan yang berlimpah sumber hikmah. Termasuk dalam rangka upgrading SDM desa dengan belajar menjadi pribadi profesional, namun tetap berpijak pada kearifan lokal.

13. Belajar tentang konsep harmoni atau keseimbangan dan keselarasan. Dari ragam kegiatan outbound ndeso di Desa Menari sisi harmoni ditonjolkan. Kalau dalam bahasa manajemen modern; saling mengerti, komunikasi, kekompakan team dan proses manajemen lainnya.

14. Mendapatkan pengetahuan baru dari sumber daya lokal. Karena outbound ndeso Desa Menari tidak sebatas pada fun game. Tapi juga integrasi profesi, kearifan lokal dan daya kreatifitas masyarakat. 

15. Bisa menjadi referensi penerapan mata pelajaran maupun konsep merdeka belajar. Sering dari berbagai instansi pendidikan, mengkaji aktivitas desa menari untuk di korelasikan dengan materi pembelajaran yang selama ini diajarkan.

Tentunya kalau kita gali dari berbagai sudut pandang. Akan lebih banyak kita temukan lagi manfaat outbound ndeso. Baik dari sisi orang desanya,maupun pengunjung outbound ndeso itu sendiri.


Desa Menari, 27 Juli 2023

Kang Tris DM

Pegiat Desa Menari




Posting Komentar untuk "MANFAAT OUTBOUND NDESO DESA MENARI"